Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Pemerintah tengah membentuk Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang berlokasi di Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat, dalam atas lahan seluas 142, 5 hektare. Pemerintah menargetkan pembangunan kampus UIII rampung pada Juni 2021.

Seperti diketahui, pembangunan dilaksanakan pada 2 tahap, dimana tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama MENODAI dengan biaya Rp 714 miliar. Selanjutnya tahap II dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan gedung perpustakaan & masjid dengan progres 18, 21% dan apartemen mahasiswi dengan progres 30, 66%.

“Ditargetkan pembangunan periode II akan selesai pada simpulan Juni 2021 sesuai adendum kontrak yang sebelumnya ditargetkan selesai di dalam Desember 2020, ” kata Gajah Pekerjaan Umum dan Perumahan Anak buah (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam bahan tertulis yang diterima Kontan, Rabu (12/8).

Baca Selalu: Jusuf Kalla desak Ridwan Kamil dan Mohammad Idris selesaikan persoalan lahan UIII

Basuki mengatakan, untuk pembangunan yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, yakni Masjid Kampus dan Perpustakaan akan terus dilaksanakan untuk dapat selesai sesuai target rencana dalam kontrak.

Sebagai informasi, pembangunan universitas ini ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada tanggal 29 Juni 2016.

Peletakkan batu pertama ( groundbreaking ) pembangunannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Juni 2018 lalu secara harapan pembangunan kampus UIII biar benar-benar menjadi pusat kajian serta pusat penelitian peradaban Islam.

Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dibagi dalam 3 zona. Untuk zona 1 terdiri dari Gedung Rektorat, Masjid, Perpustakaan, Gedung Fakultas, Infrastruktur Kawasan, Lanskap dan Kawasan Terbuka Hijau, Eco Sanctuary Park.

Baca Juga: Presiden akan meletakan kotor pertama pembangunan Universitas Islam Global

Zona 2 merupakan Kawasan Mahasiswa (pusat kegiatan kemahasiswaan, toko buku, university mall, sarana olahraga), kampus residen (guru besar dan dosen, staf, rumpun mahasiswa, & apartemen mahasiswa), gedung MEP (rehabilitasi bangunan lama).

Kawasan 3 terdiri dari: kawasan fakultas dan pusat kajian (pusat tilikan, scholar center, pusat pelatihan), Wilayah Peradaban (museum, pertunjukan seni dan budaya Islam, dan gedung serbaguna/ convention center ).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
PROYEK INFRASTRUKTUR

gong15deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on