Sumber: Reuters | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) pada Rabu (29/7) waktu setempat akan mengumumkan rencana penarikan sekitar 12. 000 tentara dari Jerman, menyusul kesimpulan oleh Presiden Donald Trump

Tapi, menurut para pejabat AS dengan berbicara dengan syarat anonim kepada Reuters , separuh pasukan masih akan tetap dalam Jerman untuk membantu mengatasi ketegangan Unia Eropa dengan Rusia.

Selain itu, para pejabat AS mendahulukan, hanya sejumlah kecil unit yang akan AS tarik dari Jerman dalam waktu dekat. Penarikan abu pasukan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk seluruhnya.

Menyuarakan Juga: Penarikan pasukan AS mengkhawatirkan aliansi NATO

“Masih akan berbulan-bulan untuk direncanakan dan bertahun-tahun untuk dieksekusi karena sangat kompleks, ” kata salah satu pejabat AS yang menambahkan, butuh miliaran dollar untuk menarik 12. 000 prajurit dan lebih banyak perencanaan oleh cabang-cabang angkatan bersenjata negeri uak Sam.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump mengumumkan niatnya untuk memangkas jumlah pasukan AS di Jerman menjelma 25. 000. Ia menyalahkan federasi dekat AS itu karena kandas memenuhi target pengeluaran pertahanan NATO, dan menuduhnya mengambil keuntungan dibanding Amerika dalam perdagangan.

Namun, Pentagon, sebutan Departemen Pertahanan AS, sangat tertutup rapat tentang bagaimana mereka akan melaksanakan rencana Trump tersebut, yang merupakan teguran luar berpunya bagi salah satu mitra dagang dan sekutu militer AS terdekat.

Baca Juga: Donald Trump setujui dasar Pentagon tarik 9. 500 pasukan AS dari Jerman

Para perdana menteri dari empat negara bagian di Jerman yang menjadi tuan rumah gerombolan AS telah mengimbau anggota Kongres AS untuk memblokir rencana penarikan Trump. Mantan pejabat AS juga mengkritik secara politis, dengan membicarakan kebijakan itu tidak strategis.

Gajah Pertahanan Mark Esper kemungkinan hendak memberikan perincian lebih lanjut mengenai rencana penarikan pasukan AS tersebut pada konferensi pers Rabu (29/7) waktu Washington.  

“Pedoman Pemimpin dan arahan Presiden telah memajukan proses itu ke depan, serta memungkinkan semua pihak untuk pokok pada apa maksud Presiden itu, ” kata pejabat AS yang lain.


–> Video Pilihan gong22deng –>
AMERIKA SERIKAT / GANDAR

gong22deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on