Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Saat ini, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sedang melakukan pembahasan mengenai omnibus law Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kegiatan. Seiring dengan hal itu, aliran penolakan terhadap RUU ini semakin membesar.  

Penolakan RUU Menjadikan Kerja tak lepas dari kekhawatiran publik karena rancangan tersebut dipercaya akan membuka keran penderitaan masyarakat. Antara lain elemen buruh, petani, nelayan, dan lingkungan hidup, tak terkecuali pekerja kerah putih atau kantoran.  

Dari 11 klaster dengan termaktub dalam RUU Cipta Kegiatan, ancaman terhadap pekerja kantoran sampai dari klaster ketenagakerjaan yang tertuang dalam BAB IV. Bab tentang ketenagakerjaan ini mengubah, menghapus, ataupun menetapkan pengaturan baru atas beberapa ketentuan yang diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, UU Nomor 40 Tarikh 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, dan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Pengelola Jaminan Sosial.  

Baca Juga: Fraksi Golkar dorong RUU Cipta Kerja segera rampung

Pengubahan, penghapusan, atau penetapan susunan baru itu dikatakan dalam rencana RUU Cipta Kerja sebagai, “Dalam rangka penguatan perlindungan kepada tenaga kerja dan meningkatkan peran tenaga kerja dalam mendukung ekosistem investasi. ” 

Berdasarkan catatan Kompas. com, terdapat empat pasal yang mengancam pekerja kantoran apabila RUU Membentuk Kerja berhasil disahkan.  

1. Pemotongan waktu istirahat 

Mengenai waktu istirahat, RUU Cipta Kerja menghapus libur mingguan selama dua hari untuk lima hari kerja. Pada Pasal 79 Ayat (2) poin b RUU itu disebutkan bahwa istirahat mingguan adalah satu hari untuk enam hari kerja dalam satu minggu. RUU ini juga menghapus juga cuti panjang dua bulan mulai enam tahun.  

Baca Juga: PPP tekankan pembahasan RUU Cipta Kerja harus perhatikan kualitas

Adapun pengaturan mengenai terlanjur panjang dalam RUU Cipta Kegiatan termaktub dalam Pasal 79 bagian (5). Cuti panjang disebut mau diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja berhubungan.  

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai dana yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong17deng –>
OMNIBUS LAW

gong17deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on