Sumber: Channel News Asia | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID –  AMBANG LUMPUR . Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia akan menyarankan kepada Kabinet bahwa vaksin Covid-19 diberikan gratis untuk semua awak Malaysia. Hal itu diungkapkan sebab menteri Khairy Jamaluddin pada Rabu (19/8/2020).

“Kabinet belum memutuskan, tetapi rekomendasi saya adalah setelah awak membeli vaksin Covid-19, vaksin itu harus diberikan kepada semua karakter Malaysia secara gratis, ” katanya dalam konferensi pers setelah peluncuran National Technology and Innovation Sandbox seperti yang dilansir Channelnewsasia.

Asal cakap saja, Khairy pada awal kamar ini mengatakan, Malaysia kini cukup dalam pembicaraan dengan China melanda potensi nota kesepahaman untuk menguatkan akses ke vaksin Covid-19 masa aman digunakan.

Membaca Juga: Turki telaah uji coba vaksin Covid-19 dengan Jerman, China dan Turki

Khairy mengatakan dalam hari Rabu bahwa selain China, Malaysia juga sedang mencari pembuat vaksin lainnya.

“Divisi Regulator Farmasi Nasional di bawah Kementerian Kesehatan tubuh meminta data dari uji klinis untuk dibagikan sebelum pembelian dapat disetujui. Data itu akan meluluskan tahu kita apakah vaksin tersebut aman dan efektif, ” katanya.

Khairy mengatakan Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi telah ditugaskan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin buat bernegosiasi langsung dengan produsen vaksin sehingga Malaysia dapat membelinya secara harga terbaik.

Menangkap Juga: Kandidat vaksin Covid-19 China siap pada Desember, harganya sekitar Rp 2 jutaan

Khairy juga menyatakan keprihatinannya atas pemerataan akses vaksin terutama untuk negara berkembang seperti Malaysia, dengan mengatakan kalau perusahaan farmasi besar cenderung mengunci penjualan untuk negara besar.

“Kami tidak suka melihat negara melayani pembelian di muka dengan kongsi farmasi, memonopoli pembelian vaksin. Itu terjadi hari ini, ” katanya.


–> Video Pilihan gong17deng –>
MALAYSIA

gong17deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on