Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

LANGSUNG. CO. ID – JAKARTA . Pengusaha sepakat dengan rekomendasi Dewan Pengupahan Nasional yang mengusulkan biar upah minimum provinsi (UMP) 2021 sama seperti tahun 2020.

“Ya betul kami setuju [dengan rekomendasi Dewan Pengupahan], ” ujar Wakil Ketua Ijmal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Shinta Kamdani kepada Kontan, Kamis (8/10).

Menurut Shinta, hal itu mempertimbangkan kondisi perusahaan yang menemui kesulitan dari sisi arus dana akibat pandemi Covid-19. Akibatnya, pengusaha pun mengalami kesulitan untuk mampu mempertahankan usahanya.

“Malah ada banyak sektor yang sudah merumahkan karyawannya. Sementara pemulihan ekonomi butuh zaman dan kondisi pengetatan PSBB tentunya tidak membantu, ” lanjut Shinta.

Baca Juga: Menaker: Dewan Pengupahan rekomendasikan UMP tahun 2021 sama seperti tahun 2020

Shinta tak menampik bila nantinya formula penghitungan UMP tahun 2021 mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan, maka pengusaha akan kesulitan untuk menunaikan upah tersebut.

Hal senada kendati disampaikan oleh Wakil Ketua Gabungan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira. Dia berharap ada solusi terbaik berkaitan dengan penentuan UMP 2021.

Menurutnya, bila penetapan UMP 2021 sesuai dengan perhitungan yang tersedia yakni berdasarkan pertumbuhan ekonomi serta inflasi, mungkin terjadi penurunan lantaran pertumbuhan ekonomi yang negatif dan deflasi yang mungkin terjadi akibat Covid-19.

“Saya melihat pemerintah & dewan pengupahan sudah punya hitung-hitungan yang memang bisa secara masuk akal dan secara realita ini dimalumkan, ” ujar Anggawira.

Baca Juga: Pertumbuhan ekonomi minus, pengusaha minta tak ada kenaikan upah tahun ajaran

Dia kendati berharap serikat pekerja bisa mengalami situasi saat ini melihat pengusaha pun turut kesulitan bahkan merasai perlambatan dan pelumpuhan di beberapa sektor usaha. Dia berharap pada penetapan UMP tidak muncul polemik tetapi ada kesepahaman di jarang tripartit.

PEMBERIAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Kamu akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai petitih terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
UPAH MINIMUM

gong9deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on