Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (tekMIRA) Kementerian ESDM sebut abu batubara atau Fly Ash and  Buttom Ash (FABA) efektif dimanfaatkan sebagai pembenah tanah atau pupuk.

Limbah dari hasil kegiatan Perangsangan Listrik Tenaga Uap (PLTU) dinilai menyimpan banyak khasiat untuk menghasilkan beragam keluaran diverfikasi bahan baku wujud.

Peneliti Puslitbang tekMIRA Wulandari Surono menyatakan, keputusan penggunaan FABA sebagai pembenah tanah sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 Pasal 463 (1f) dimana produk hasil pemanfaatannya wajib memenuhi persyaratan standar produk yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian.

Baca Serupa: Indo Tambang Raya: Pemanfaatan FABA jadi praktik menjaga kelestarian lingkungan

“Bukan berarti kalau dikeluarkan dari limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) tetap tidak diolah atau dibiarkan begitu saja, harus dikelola untuk dimanfaatkan, ” terang Wulandari dalam webinar Prespektif Pengelolaan FABA sebagai Limbah Non-B3, Senin (5/4).

Karateristik FABA yang sesuai untuk tanah dan tanaman secara umum harus mempunyai partikel halus, Power of Hydrogen (pH) berkisar 4, 5 – 12, perut SiO2, Al2O3, Fe2O3, K2O, Na2O, CaO, MgO, MnO dan usur lain sesuai Fe, Mn, B, Mo, Cu, Zn, Cl, Co. Di mana, dari beberapa literatur abu batubara itu tidak semua alkali.

“Ada juga yang masam, tergantung dari kandungan sulfur di batubara, pembakaran & teknologi penghilangan. Intinya kandungan sulfur berbanding dengan kandungan kalsium, ” ungkapnya.

Penerapan FABA lebih pas dimanfaatkaan untuk lahan kering masam dan lahan gambut lantaran lahan tersebut mempunyai komposisi yang buruk. “Tanah yang baik memiliki porsi fraksi yang berimbang jadi tata udara, tata minuman dan porositasnya baik, ” jelas Wulandari.

INFAK, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menggubris Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong11deng –> <! — prev ivs script

gong11deng –>
<! —

BATUBARA

gong11deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on