Sumber: South China Morning Post | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  MOSKOW . China dan Rusia semakin mesra di tengah hubungan yang memburuk dengan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya. Kedua negara bercampur dalam perang informasi ketika meningkatnya perbedaan ideologi dengan AS.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying mengatakan, AS dan sekutunya telah menyebarkan disinfomasi karena bias ideologis dan kebutuhan kebijakan yang menjadikan China dan Rusia merasa dirugikan.

“Mereka telah mendistorsi sejarah, menyerang sistem sosial negara lain dan jalur pembangunan, mempolitisasi pandemi, menyematkan label pada virus dan membatasi serta menindas media asing untuk melakukan pekerjaan itu, ” ujar Kementerian Luar Jati China dalam pernyataannya seperti dilansir South China Morning Post, Selasa (28/7).

Baca Juga: India perkuat militer pada perbatasan dekat China, ada barang apa lagi?

Pemberitahuan tersebut, yang dibuat pada keadaan Jumat, muncul ketika konfrontasi antara China dan AS terus berkobar di berbagai bidang, dari penanganan awal Beijing terhadap wabah Covid-19 hingga pengenalan hukum keamanan nasional di Hong Kong.

Dalam jalan yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak dimulainya hubungan diplomatik resmi pada 1979, Beijing memerintahkan AS untuk menutup konsulat di Chengdu pada hari Jumat sebagai tanggapan atas keputusan Washington untuk menangkup konsulatnya di Houston di mana seorang pejabat AS dituduh jadi pusat penelitian pencurian oleh tentara Tiongkok di AS.

Pada Senin pagi, para pejabat China mengambil alih gedung konsulat Chengdu setelah staf diplomatik AS meninggalkan konsulat itu. Hal ini menimbulkan kewaswasan bahwa perpecahan antara dua ekonomi terbesar dunia mungkin terlalu pada untuk diperbaiki.

Baca Juga: Posisi Bill Gates sebagai orang terkaya kedua dunia kian kokoh

Dalam kritik terselubung terhadap AS, Hua Chunying, yang selalu direktur departemen pers kementerian sungguh negeri China, dan timpalannya sebab Rusia, Maria Zakharova mengatakan, negara2 tertentu telah menyebarkan disinformasi karena bias ideologis dan kebutuhan kebijakan.


–> Video Pilihan gong13deng –>
AS-CHINA

gong13deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on