Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Tendi Mahadi

LANGSUNG. CO. ID –  JAKARTA. Dalam memperingati hari pahlawan (10/11) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut ada tiga nilai yang dapat diteladani sejak setiap peristiwa yang melahirkan hero.  
 
Pertama, pahlawan hadir karena ada tantangan. Dalam setiap episode dalam cerita Republik Indonesia, selalu hadir tantangan, selalu hadir cobaan. Di situlah masyarakat Indonesia akan melihat pahlawan-pahlawan yang dilahirkan.

Kedua, perjuangan dengan membutuhkan pengorbanan. Berjuang, menurut Menkeu, adalah satu-satunya cara untuk menghadapi tantangan, cobaan, dan persoalan yang menghadang bangsa dan negara.  

Baca Juga: Dua kuartal minus, negeri berharap ekonomi di kuartal IV masuk jalur positif

“Cita-cita mencapai sebuah negara yang adil, makmur, beradab, dan terus menjaga kemerdekaan tidak akan hadir dengan sendirinya. Seluruh proses untuk mencapai cita-cita memerlukan  perjuangan. Perjuangan itulah yang sering menodong pengorbanan dan di situlah berdiri sikap kepahlawanan, ” kata Menkeu dalam upacara peringatan Hari Satria di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang digelar secara virtual dan fisik, Selasa, (10/10).

Menkeu tersua bahwa kita semuanya bisa menjadi pahlawan. Itulah nilai ketiga yang ada pada pahlawan. Menkeu tahu bahwa selain semangat juang Bung Tomo, ada jutaan pahlawan yang juga turut serta dalam mewujudkan semangat untuk melawan penjajah.  

“Kita juga tahu bahwa banyak pahlawan, ribuan, jutaan pahlawan lain yang juga turut serta pada mewujudkan semangat untuk melawan penjajah dan pada akhirnya mampu melindungi kemerdekaan. Jadi, pahlawan tidak berjuang sendiri, ” ujar Menkeu.

Pada upacara yang bertema “Pahlawanku, Sepanjang Masa” ini, Menkeu menegaskan bahwa seluruh jajaran Kemenkeu harus mempunyai dan menunjukkan jiwa pahlawan yakni dengan senantiasa berjuang, mengikhtiarkan secara seluruh pemikiran, jiwa dan badan untuk mencapai cita-cita Bangsa Nusantara.   “Seluruh jajaran Kementerian Keuangan dapat, mampu, dan bisa menjadi pahlawan setiap hari di di dalam pergulatan kita untuk terus mengelola keuangan negara dengan baik di depan tantangan-tantangan yang selalu tampil, kadang-kadang secara luar biasa serupa pandemi Covid-19, ” kata Menkeu.

Baca Juga: Dua sektor bisnis tersebut tumbuh double digit di kuartal III-2020

Menkeu meminta pegawai Kemenkeu sebagai pemangku keuangan dalam mengatasi tantangan Covid-19 dapat belajar dari pahlawan terdahulu yang selalu menghadapi tantangan secara berdiri tegak.

“Mari kita segenap tidak hanya terinspirasi dengan perjuangan pahlawan sebelumnya. Marilah kita pula ingin menjadi pahlawan-pahlawan hari tersebut dan kemudian, mari kita bersama untuk bergandeng tangan, bergotong royong, saling mendukung untuk terus menggembala Negara Kesatuan Republik Indonesia!, ” pesan Menkeu

Pada kesempatan itu, Menkeu juga mengajak jajarannya untuk mendoakan para rekan kerja, rumpun, dan kerabat, baik yang cukup diuji menghadapi Covid-19, maupun bagi mereka yang telah gugur pada perjuangan melawan Covid-19.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih untuk perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong10deng –>
SRI MULYANI

gong10deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on