KONTAN. CO. ID kacau JAKARTA.   Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kesibukan akhir pekan ini Sabtu 1 Agustus 2020 dengan mengunjungi hulu sungai Citarum atau dikenal secara titik nol Sungai Citarum.  

Kunjungan Ridwan Kamil langsung ke lokasi titik nol Sungai Citarum ini ada di Situ Cisanti, yang berada di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertajaya, Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat.  

Danau yang dikenal secara nama Situ Cisanti, ini memiiki luas sekitar 10 hektare (ha) yang dikelilingi oleh beberapa gunung.

Titik nol Sungai Citarum terletak di Situ Cisanti tepat di kaki Gunung Tunggal.   Di tempat ini ada tujuh 7 mata air dengan masuk dalam lahan konservasi.  

Air Situ Cisanti ini mengalir menjadi Sungai Citarum bergerak puluhan kilometer melewati 12 kota & kabupaten  yang bermura arah ke laut Jawa, tepatnya di Kabupaten Bekasi.

Saat ini warga masyarakat bisa menikmati kecantikan Situ Cisanti karena  bisa dikunjungi wisatawan dengan membayar tiket Rp 10. 000 per orang.

Ridwan Kami menyebut Sungai Citarum berangkat tercemar sejak adanya zona permukiman yang berada di bantarannya.  

Karena itu Ridwan Kamil berencana untuk membangun embung-embung tempat pelestarian air di hulu Sungai Citarum.

Ridwan Kamil menyuarakan berkat kerja Satgas Citarum serta semua pemangku kepentingan, perbaikan posisi pencemaran berat air di Kali Citarum pada 2018, saat itu mulai berkurang.

  “Alhamdulillah ada kemajuan, ” kata Ridwan Lengkap di akun media sosialnya Sabtu (1/8).  

Ridwan Kami menyuarakan Per Juni 2020 sudah level pencemaran air di Sungai Citarum sudah membaik di level cabul ringan. “Lebih cepat dari program yang targetnya tahun ini hanya cemar sedang, ” kata Ridwan Kamil.

Pada postingan itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak semua masyarakat untuk menjaga lingkungan dan bumi. “Agar mereka balik menjaga kehidupan kita, ” katanya.

Sebelumnya pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengangkat Program Citarum Harum melalui pembangunan sejumlah infrastruktur dalam rangka pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Provinsi Jawa Barat.

SELANJUTNYA> > >

–>

Editor: Syamsul Azhar

Categories:Info
Published on :Posted on