Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  MOSKOW. Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Vector Rusia membaca lebih dari 80 mutasi virus corona baru. Namun, itu tak memengaruhi keefektifan vaksin Covid-19 yang sedang mereka kembangkan.

“Pusat Penelitian Vector juga melakukan studi lengkap tentang variabilitas genetik dari virus corona baru di semua wilayah Rusia, ” kata Kepala Was-was Penelitian Vector Rinat Maksyutov, Rabu (21/10).  

“Kami terus-menerus melakukan pengurutan seluruh genom dan mendeteksi kemungkinan varian mutan. Hingga saat itu, kami telah mendeteksi lebih sejak 80 substitusi nukleotida yang tidak termasuk dalam database internasional, ” ungkapnya.  

“Tetapi, perubahan itu tidak gawat dan tidak menguasai keefektifan vaksin peptida yang saya kembangkan, ” ujar dia dalam pertemuan tahunan ke-17 Valdai International Discussion Club seperti dikutip TASS .

Baca Juga: Putin: Rusia beri persetujuan untuk vaksin virus corona yang kedua

Vaksin sepenuhnya aman

Maksyutov memastikan, vaksin virus corona yang Pusat Penelitian Vector kembangkan aman. “Vaksin ini sepenuhnya tenteram, baik untuk sukarelawan sehat, karakter dengan kondisi kronis, atau alergi dan manula, ” sebutnya.

Tes coba memperlihatkan, vaksin tersebut memiliki sifat imunogenisitas yang tinggi. “Kami memastikan, vaksin peptida menunjukkan bentuk keamanan yang tinggi dan imunogenisitas yang tinggi dalam uji klinis yang melibatkan 100 relawan karena semua relawan yang menerima suntikan memiliki respons imun, ” perkataan Maksyutov.  

“Pengambilan sampel ini memberi kita bukti efektivitas perlindungan dalam kerangka kerja melakukan penelitian epidemiologi, ” katanya.

Baca Juga: Rusia: Vaksin virus corona Sputnik V tersedia di pasar akhir Oktober


–> Video Pilihan gong17deng –>
VIRUS CORONA

gong17deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on