Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA . PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merevisi target pembiayaan tahun 2020 akibat tekanan pandemi corona (Covid-19).

“Kami revisi sehingga target (penyaluran pembiayaan) menjadi Rp 21 triliun maka Rp 22 triliun. Semoga bisa tercapai karena pembiayaan ini untuk masyarakat khususnya keluarga Pra Tenteram dan Ultra Mikro, ” introduksi Direktur Utama PNM Arief Mulyadi, pekan lalu.  

Sebelumnya, kongsi masih optimistis mencapai target pada angka Rp 28, 4 triliun. Nilai itu naik 15, 2% dari realisasi tahun lalu sejumlah Rp 24, 06 triliun.

Berperan menggenjot bisnis tahun ini, Induk Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan menyalurkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) kepada PNM senilai Rp 1, 2 triliun kepada PNM pada Agustus lalu.

Membaca Juga: Hingga Agustus 2020, pembiayaan PNM capai Rp 12, 55 triliun

Perusahaan juga mendapatkan suntikan penyertaan modal negara (PNM) seluruhnya dan seluruhnya sudah disalurkan jadi pembiayaan ke nasabah.

“Dari PIP belum ditarik semua, baru sekitar Rp 500 miliar karena dalam 29 Juli lalu kami gres dapat tambahan pencairan PMN Rp 1 triliun. Pencairan PMN serupa sudah disalurkan dan habis datang dengan 18 Agustus 2020, ” ungkapnya.

Hingga Agustus 2020, PNM mencatatkan penyaluran pembiayaan Rp 12, 55 triliun atau turun 7, 69% secara year on year (yoy). Meski demikian, jumlah konsumen PNM meningkat 28, 31% yoy menjadi Rp 6, 62 juta orang dari program ULaMM & Mekaar.

Pada periode yang persis, total outstanding perseroan mencapai Rp 17, 47 triliun dari program ULaMM dan Mekaar. Jumlah itu meningkat 14, 52% dibandingkan realisasi Agustus 2019 yakni Rp 15, 25 triliun.

Perusahaan juga lulus menjaga rasio kredit macet (NPF) di level 1, 38%. Padahal NPL Agustus tahun lalu lebih tinggi yaitu sebesar 1, 62%.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai petitih terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
INDUSTRI PEMBIAYAAN

gong9deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on