Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) masih merampungkan audit terkait perhitungan kerugian negara dalam kejadian dugaan korupsi Asabri. Namun belum bisa dipastikan audit yang diminta kepolisian itu akan selesai surat.  

“Audit masih berjalan karena yang memintanya adalah kepolisian. Oleh karena itu kami akan serahkan kepada kepolisian, ” kata Anggota III BPK Achsanul Qosasi pekan lalu.  

Sebelumnya, penyidik kepolisian telah menjumpai barang bukti berupa hasil audit internal terkait dengan kegiatan dengan dilakukan Asabri yang dimungkinkan hendak berakibat terkait kerugian negara.

Semasa proses penyidikan, polisi akan menggunakan audit dari BPK. Dalam urusan Asabri, penyidik menemukan tindak pidana berupa penyimpangan tata kelola investasi oleh Asabri. Penyimpangan berlangsung sejak tahun 2012-2019. Hanya saja, polisi tidak menjelaskan lebih detail menerjang dugaan kasus tersebut.

Baca Juga: Petugas Menyidik Dugaan Korupsi Asabri Senilai Rp 10 triliun

BPK juga sudah mengeluarkan ikhtisar hasil pemeriksaan semester (IHSP) II Tahun 2019 terkait tata investasi Asabri pada tahun 2018 hingga semester I-2019. Laporan itu mengungkapkan penempatan investasi saham di Asabri yang dinilai tidak sepenuhnya memenuhi prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan investasi perusahaan.  

Alhasil, perolehan kinerja atas pengelolaan investasi Asabri belum memberikan hasil yang suntuk.

Manajemen Asabri akan mendukung agenda kepolisian untuk menyidik kasus itu. “Sudah menjadi tugas dan tekad setiap manajemen untuk melakukan pengelolaan perusahaan yang sehat dan tata kelola yg baik, ” perkataan Direktur Investasi Asabri Jeffry Haryadi P. Manullang.  

Asal tahu, Kementerian BUMN merombak Asabri dengan tujuan memperbaiki kinerja perusahaan asuransi sosial pelat merah itu. Asabri masih mencatatkan rugi komprehensif senilai Rp 8, 42 triliun di dalam tahun lalu. Kinerjanya tertuang dalam laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) tahun 2019 yang sudah diperiksa BPK.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai sumbangan yang bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
ASABRI

gong9deng –>

Categories:Info
Published on :Posted on